kuasai laut kita

kuasai laut kita

Senin, 04 Januari 2010

Mensyukuri Nikmat-Nya

Mensyukuri Nikmat
OLEH : Ummu Mariah Iman Zuhair

Majalah :
Qiblati edisi 07 / III,

Bismillahirrahmanirrahim, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi SAW.
Marilah dengan ikhlash karena Allah kit baca secara seksama tulisan berikut ini :

Ada seseorang ingin menjual rumahnya dengan maksud pindah ke rumah yang lebih baik. Lantas dia pergi menemui salah seorang temannya yang professional dalam bidang pemasaran. Ia meninta bantuannya untuk mengiklankan rumahnya yang hendak dijual. Segera teman professional ini- yang telah mengenal rumahnya dengan baik- menulis materi iklan berkaitan dengan rumah tersebut secara rinci, dimulai dengan sanjungan; lokasi rumah yang strategis dan indah, taman yang elok serta kolam renang yang bagus dan seterusnya.

Setelah itu ia membacakan materi iklan tersebut kepada pemilik rumah yang sangat antusias mendengarkannya.
Selesai membaca iklan, pemilik rumah meminta kepadanya untuk mengulang kembali hingga ketika selesai pemilik rumah berteriak takjub : Sungguh indah rumah itu, seumur hidup aku selalu memimpikan punya rumah seperti itu! Tapi aku tidak menyadari bahwa selama ini aku telah hidup dan tinggal didalammnya hingga aku mendengar spesifikasi darimu.” Lalu dia tersenyum dan meminta kepada temannya agar tidak jadi mengiklankan rumahnya, ia menegaskan bahwa rumahnya tidak jadi dijual.

Ada satu adagium (pepatah atau ungkapan) kalsik, hitunglah nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepadamu, lalu tulislah satu persatu, maka engkau akan merasa lebih bahagia daripada sebelumnya.

Kita lupa bersyukur kepada Allah, karena kita tidak memperhatikan segala nikmat serta tidak menghitung apa yang kita miliki. Yang kita perhatikan hanya kesulitan dan kesulitan hingga yang ada hanya keluh kesah, sementara kita melupakan segala kebaikan yang kita rasakan dan kita nikmati.

Kita mengeluh karena Allah menjadikan duri-duri di bawah bunga mawar, padahal yang lebih pantas adalah bersyukur kepadaNya, karena telah menjadikan bunga mawar di atas duri-duri.

Ada yang mengatakan, “aku sangat tersiksa ketika aku bertelanjang kaki, akan tetapi aku banyak bersyukur kepada Allah, saat aku mendapati orang lain tidak memiliki dua kaki.”

Bagi-Mu lah segala pujian, wahai Tuhanku, hingga Engkau ridha, dan bagi-Mu segala puji saat Engkau ridha, bagi-Mu segala puji setelah keridhaan-Mu.
Ridha-Mu kuharap terlimpah atasku.

Lihatlah betapa kasih sayang dan kelembutan Allah terhadapmu saat kau tidur……

Pikirkanlah tentang dirimu sekali saja, apa yang akan terjadi seandainya satu organ tubuh dari sekian banyak organ tidak berfungsi saat engkau tidur?

Saat engkau tidur, Allah SWT menjagamu dan menyalamatkanmu dari bahaya, maka pujilah Allah karena telah membolak-balikkanmu sekali dalam 7 menit untuk merubah posisi tidurmu, hingga kulitmu yang rentan tidak terkena iritasi.

Pujilah Allah atas nikmat katup pangkal tenggorokan (epiglottis) yang membuka untuk mengeluarkan air liur kental yang terkumpul di dalam mulutmu saat engkau tidur, hingga engkau tidak tercekik dan tersendak air liur.

Pujilah Allah yang Maha Lembut lagi Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya atas nikmatnya mimpi burukyang Allah SWT jadikan sebagai pembersih segala yang menjejali daya ingatanmu dari berbagai informasi dan permasalahan. Karena semua itu demi menjaga kelayakan akalmu.

Pujilah Allah atas nikmat selamatnya dirimu dari radang otak yang biasanya disertai demam tinggi saat bersamaan dengan tidur panjang, dimana setelah itu kamu tidak lagi merasakan ketenangan.

Pujilah Allah Ta’ala karena kamu tidak mengalami kegelisahan dan gangguan susah tidur (isomnia) serta halunisasi serta keresahan yang saling susul menyusul akibat mimpi buruk.

Pujilah Allah atas keselamatanmu dari serangan tidur tiba-tiba (parasomnia) yang akan menyebabkan anda tidur di mana saja dalam keadaan apa saja, baik ketika tidur, atau menyetir mobil atau ketika menaiki tangga.

Pujilah Allah atas keselamatan anda dari sindrom kaki resah (restless leg syndrome disigkat RLS) yang mengakibatkan dua kaki anda mengejang saat tidur.

Pujilah Allah SWT atas nikmat anda tidak mengopol saat tidur, yang terkadang juga menimpa sebagian orang dewasa.

Pujilah Allah atas terhindarnya anda dari kekakuan persendian saat anda tidur sehingga tidak bias digerakkan dan susah untuk masa yang berbeda-beda.

Pujilah Allah Ta’ala atas teraturnya suara dengkur anda, sehingga suara dengkuran anda tidak mengagetkan orang lain yang tidur di sebelah anda atau dikamar lain.

Pujilah Allah SWT atas segala nikmat-Nya yang tidak akan habis, atas segala karunia-Nya yang tak terhitung, yang senantiasa menjaga anda waktu tidur, saat duduk, ketika bangun, dan menjaga anda dalam setiap keadaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar